PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL MAP

Tanggung Jawab di Bidang Ketenagakerjaan

Etos tanggung jawab perusahaan meluas ke ranah ketenagakerjaan, di mana perusahaan memprioritaskan kesejahteraan, keselamatan, dan pertumbuhan setiap individu dalam lingkungan kerja.

Mulai dari menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan kerja yang ketat hingga memupuk lingkungan yang memperhatikan kesetaraan gender dan keberagaman, kami bertujuan untuk meciptakan tempat kerja di mana setiap karyawan merasa dihargai, dihormati, dan berdaya.

Melalui praktik-praktik remunerasi yang transparan, dapa memperkuat inisiatif pelatihan dan pengembangan, serta berbagai kebijakan pandemi yang responsif. Kami berjuang untuk menegakkan dedikasi kami dalam memelihara tenaga kerja yang berani dan tangguh.

Insiatif Tanggung Jawab Sosial MAP

Insiatif Tanggung Jawab Ketenagakerjaan

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Sebagai perusahaan ritel, keberhasilan kami sangat tergantung pada karyawan. Industri ritel merupakan industri padat karya dan Perusahaan memberikan dampak kepada lebih dari 20.000 karyawan. Oleh karena itu menyediakan tempat kerja yang aman, sehat dan nyaman merupakan sebuah keharusan. Perusahaan memastikan agar para karyawan memiliki akses terhadap kebutuhan mendasar. Selain memastikan adanya ventilasi, air dan cahaya yang memadai, kami juga memastikan aspek-aspek keamanan seperti adanya alat pemadam api ringan, jalur evakuasi, serta muster point. Lebih dari itu, Perusahaan juga menyediakan klinik untuk menjaga kesehatan karyawan kami, menyediakan ruangan menyusui, mushola dan ruang beribadah untuk memenuhi kebutuhan spiritual para karyawan.

Untuk membangun suasana kerja yang nyaman dan penuh keakraban, kami juga sangat mendukung kegiatankegiatan yang melibatkan para karyawan. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat membantu karyawan untuk menjaga kesehatan mental dan saling mengenal, sehingga dapat meningkatkan kerja sama antar karyawan. Staff Day merupakan salah satu contoh dari kegiatan ini. Staff Day diikuti oleh karyawan dari semua level, baik dari level staf sampai level Direksi. Kesempatan tersebut dipergunakan untuk saling mengenal dan melakukan kegiatan yang membantu membangun kerja sama antar tim.

Perusahaan juga menunjukkan rasa terima kasihnya kepada para karyawan yang telah mendedikasikan dirinya terhadap perkembangan Perusahaan, melalui penghargaan seperti Employee of the Year dan penghargaan 10 tahun berkarir di MAP. Dengan memberikan penghargaan tersebut kami harapkan mampu meningkatkan semangat karyawan untuk saling berkompetisi secara sehat meraih prestasi kinerja yang lebih baik.

Kesetaraan Gender

Sebagai Perusahaan yang lahir dan berkembang di Indonesia, kami pun mengadopsi semboyan Bhinneka Tunggal Ika di dalam praktik kepegawaian. Dengan prinsip P.E.O.P.L.E yang dianut, kami berupaya mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif tanpa diskriminasi. Di MAP, kami menjunjung kesempatan yang setara, budaya saling menghargai yang dicantumkan dalam kode etik Perusahaan. Semua pelanggaran kode etik dapat dilaporkan melalui jalur whistleblower.

Kami juga telah menempuh dan memperoleh sertifikasi EDGE di level Assess. EDGE merupakan lembaga internasional yang dapat memberikan sertifikasi di bidang kesetaraan gender. Empat hal yang dinilai dalam sertifikasi EDGE, yaitu:

  • Kesetaraan gender di semua jabatan
  • Kesetaraan remunerasi
  • Kebijakan dan praktik yang mendukung kesetaraan gender
  • Budaya inklusif perusahaan

Perjanjian Kerja Bersama

Kami juga mendukung terbentuknya serikat pekerja MAP. Setiap dua tahun sekali, serikat pekerja dan perusahaan berunding untuk merumuskan perjanjian kerja bersama. Perundingan dan perjanjian ini sangat penting untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling memahani antar perusahaan dan karyawan. Perjanjian kerja Bersama mencakup topik seperti: hubungan kerja, hak dan kewajiban, hari dan jam kerja serta lembur, hari libur cuti dan ijin meninggalkan pekerjaan, pengupahan dan penilaian hasil kerja, keselamatan kesehatan dan kesejahteraan kerja, kode etik tata tertib dan disiplin kerja, sanksi dan peringatan, pemutusan hubungan kerja, dan penyelesaian keluh kesah.

Upah dan Remunerasi

Sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan, tidak ada karyawan MAP yang mendapatkan gaji di bawah Upah Minimum Regional di tempat mereka bekerja. Kami juga menyediakan sistem penilaian secara online yang transparan sehingga mendorong karyawan untuk semakin berprestasi. Tunjangan-tunjangan wajib seperti BPJS juga telah diberikan oleh Perusahaan. Semua tunjangan dan hari libur sudah tertulis di dalam Perjanjian Kerja Bersama.

Pernyataan Tenaga Kerja Anak dan Tenaga Kerja Paksa

Kami tidak memperkerjakan tenaga kerja anak maupun tenaga kerja paksa di seluruh kegiatan Perusahaan. Kami selalu meminta foto copy KTP kepada seluruh karyawan untuk dijadikan database sekaligus membuktikan bahwa karyawan yang bersangkutan sudah cukup umur untuk bekerja. Kami juga bernegosiasi, menunjukkan dan meminta persetujuan terhadap perjanjian kerja yang berisi deskripsi pekerjaan, remunerasi, serta hak dan kewajiban terkait pekerjaan tersebut kepada seluruh karyawan sebelum yang bersangkutan memulai pekerjaannya.

Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan Pegawai (404-1)

Lebih dari 80% karyawan kami merupakan lulusan SD/SMP/SMA. Oleh karena itu, merupakan hal yang penting bagi kami untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, sehingga semua karyawan kami, memiliki keahlian dan kesempatan yang cukup untuk meniti tangga karier di MAP.

Adapun program pelatihan profesional yang kami berikan melalui:

  • MAP Retail Academy, yang berfokus pada soft skill dan persiapan sertifikasi.
  • Pelatihan online.
  • Pelatihan internal.

Sekolah kejuruan ataupun jurusan khusus ritel belum tersedia di Indonesia, oleh karena itu kami membentuk MAP Retail Academy sebagai pusat pelatihan ritel di Indonesia. Kurikulum MAP Retail Academy dikembangkan berdasarkan standar kurikulum internasional, seperti Australian Retailers Association. MAP Retail Academy juga sudah terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga kami yakin MAP Retail Academy dapat mendukung sektor ritel di Indonesia untuk masuk ke dalam industri 4.0.

Waktu Pelatihan Rata-Rata Karyawan

Keterangan 2021 2020
MALE FEMALE TOTAL MALE FEMALE TOTAL
Waktu Pelatihan (jam) 384,149 289,796 673,945 265,851 192,513 458,364
Jumlah Karyawan 11,094 9,665 20,759 11,905 8,862 20,767
Waktu Pelatihan Rata-Rata (Jam/Karyawan) 34.6 30.0 32.5 22.3 21.7 22.1

Pelatihan MAP Retail Academy

Remark 2021 2020
Total Total
Personal development 15,317 14,103
Well being 12,299 4,658
Selling skills 9,800 7,370
Leadership 8,982 7,696
Customer service 6,048 4,765
Jumlah 52,446 38,592

Data Akses iActive

Jenis Modul FY 2021 FY 2020
Soft skills 5,198 3,070
Technical Skills 5,177 3,893
New System 5,146 3,990
Jumlah Akses 15,521 10,953

Semua karyawan berhak mengikuti program pelatihan ini tanpa memandang latar belakang karyawan.

Kebijakan di Masa Pandemi

Selama masa pandemi, kami melakukan implementasi protokol kesehatan yang ketat baik untuk karyawan gerai maupun kantor pusat. Inisiatif work from home kami jalankan untuk menjaga kesehatan karyawan. Untuk karyawan yang tetap harus bertugas di gerai maupun kantor, selain mengingatkan dan mengawasi mereka untuk menerapkan protokol kesehatan, kami juga mendistribusikan masker, hand sanitizer, dan peralatan kesehatan lainnya.

Mekanisme Pengaduan Masalah Ketenagakerjaan

Segala keluhan atau pertanyaan tentang masalah ketenagakerjaan, dapat disampaikan kepada bagian SDM. Untuk mempermudah komunikasi, bagian SDM juga sudah menyiapkan MAP PEEPS, sebuah whatsapp channel yang dapat digunakan oleh semua karyawan untuk menyampaikan pertanyaan kepada tim SDM. Karyawan juga dapat menyampaikan keluhannya melalui Forum Karyawan yang nantinya akan menyampaikan keluhan tersebut kepada tim SDM. Segala pelanggaran terkait kode etik bisa dilaporkan melalui whistleblowing channel Perusahaan.

Sejumlah Rp1,4 Miliar Dialokasikan untuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Secara total, jumlah biaya yang kami salurkan untuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan pada tahun 2020 adalah Rp1,4 miliar.