PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL MAP

Tanggung Jawab Keterlibatan Komunitas

Di MAP, komitmen kami terhadap perkembangan komunitas tidak hanya sebatas tanggung jawab korporat—hal ini menjadi bagian integral dari prinsip kami. Kami secara aktif terlibat dan mendukung komunitas di mana kami beroperasi.

Melalui berbagai inisiatif yang mencakup pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan sosial-ekonomi, kami berupaya untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan kesejahteraan bagi semua orang.

Mendukung tenaga kerja dan produk lokal hingga memimpin program pendidikan berkualitas seperti Rumah Belajar Anak Bintang (RAJAB), kami berusaha untuk memberikan perubahan nyata dalam kehidupan komunitas.

Insiatif Tanggung Jawab Sosial MAP

Insiatif terhadap Tanggung Jawab Keterlibatan Komunitas

Bagi MAP, kegiatan pengembangan masyarakat bukanlah kewajiban semata. Masyarakat sekitar mendukung Perusahaan dengan berperan sebagai pelanggan, maupun karyawan. Oleh karena itu, tumbuh bersama dengan masyarakat yang berada di sekitar lingkungan Perusahaan merupakan kunci dari pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat sekitar tidak hanya ditunjukkan melalui pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kami berfokus pada bidang pendidikan dan kesehatan, karena kedua hal ini merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan.

Tenaga Kerja dan Produk Lokal

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, karyawan gerai kami berasal dari masyarakat sekitar. Beberapa posisi seperti manager, mungkin berasal dari daerah lain, namun kami menyediakan berbagai program pelatihan agar karyawan yang bergabung dengan kami nantinya siap untuk menempati posisi managerial. Perusahaan juga memiliki konsep Alun-Alun Indonesia yang mendedikasikan seluruh store area untuk produk-produk lokal.

Pendidikan Berkualitas untuk Masyarakat

Pendidikan berkualitas merupakan kunci untuk mengentaskan kemiskinan. Berikut adalah sejumlah inisiatif Perusahaan dalam memberikan program pendidikan berkualitas.

Rumah Belajar Anak Bintang (RAJAB)

Bekerja sama dengan Karang Taruna Jawa Barat, RAJAB merupakan rumah belajar yang berfokus terhadap Pendidikan karakter dari usia emas perkembangan anak (10 – 15 tahun). Program pendidikan di RAJAB diberikan secara cumacuma kepada anak-anak dari keluarga pra sejahtera mulai kelas 4 SD hingga kelas 3 SMP. Pendidikan karakter di RAJAB dilaksanakan melalui penguasaan terhadap mata pelajaran di sekolah (Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris), pendidikan budaya, field trip, dan kelas inspirasi.

Program yang berawal pada tahun 2014 ini kini sudah hadir pada 7 desa di wilayah Jawa Barat, yaitu:

  • Cijemit
  • Sukawening
  • Gempolsari
  • Kamojing
  • Panyocokan
  • Kutawaringin
  • Muaragembong

Untuk memastikan pertumbuhan karakter berjalan dengan baik, RAJAB juga melibatkan orangtua siswa RAJAB, membangun kapasitas mentor, dan bekerja sama dengan masyarakat setempat (melalui partisipasi para pemuda dari Karang Taruna Jawa Barat).

Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan karena adanya pandemi COVID-19. Pada tahun tersebut, RAJAB berkomunikasi dan mengikuti petunjuk dari pemerintah setempat dalam melaksanakan kegiatannya. Pada saat kegiatan belajar dan mengajar tidak bisa dilaksanakan dengan tatap muka, RAJAB tetap membimbing anak didiknya melalui grup Whatsapp. Di saat pembelajaran sudah boleh dilaksanakan dirumah belajar, RAJAB juga menjalankan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan siswa siswi RAJAB.

Selain pembangunan karakter melalui penguasaan bidang studi, berikut adalah kegiatan pembangunan karakter lainnya yang dilaksanakan di RAJAB pada tahun 2020:

Pengenalan gerakan- gerakan olahraga dasar

RAJAB, bekerja sama dengan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) yang merupakan anak perusahaan MAP, mengajarkan gerakan-gerakan dasar yang dapat membantu siswa siswi RAJAB agar tetap sehat di tengah pandemi. MAPA memiliki 14 video pengenalan gerakan-gerakan olahraga yang dibuat bersama dengan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN). Gerakan-gerakan ini diajarkan kepada para mentor RAJAB, dan para mentor mengajarkan gerakan-gerakan ini kepada 143 siswa siswi RAJAB.

Kelas Inspirasi bersama Triyaningsih

Triyaningsih is a national marathon athlete who is often dubbed the Queen of Long Distance Running. Triyaningsih is an athlete who repeatedly contributed gold medals at the South East Asean Games, and represented Indonesia in the Olympics. In these sessions, Triyaningsih shared experiences with RAJAB students, which include how to pursue their passion for running, steps to become a national athlete, challenges and benefits in a career as a national athlete. Apart from adding to the knowledge of RAJAB students, this session also explained the importance of exercising to maintain health, especially during this pandemic. 71 students and 15 RAJAB mentors attended the event.

Pembukaan Starbucks Community Store pertama di Indonesia

Community Store didirikan di Tanah Abang, Jakarta dan diresmikan pada bulan Februari 2020. Walaupun Tanah Abang merupakan salah satu pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, ribuan anak-anak dari masyarakat Tanah Abang memiliki akses yang terbatas pada pendidikan dan pekerjaan. Gerai ini bertujuan untuk membantu memberikan akses terhadap pendidikan dan pekerjaan berkualitas kepada masyarakat sekitar Tanah Abang.

Community Store menyediakan ruang khusus yang dapat digunakan untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan diri untuk anak-anak yang berasal dari masyarakat lokal. Starbucks bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Anak dan Indonesia Street Children Organization untuk menghadirkan kegiatan Pelatihan yang berkualitas di ruangan khusus. Sebagian penjualan dari gerai juga akan digunakan untuk mendukung terlaksananya kegiatan pelatihan di ruang tersebut. Selain itu, hampir seluruh barista yang bekerja di Community Store ini berasal dari wilayah setempat.

Sayangnya, tidak lama setelah gerai ini diresmikan, pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sepanjang tahun 2020, hanya dua kegiatan yang terlaksana, yaitu kelas kebersihan diri, yang menjelaskan bahwa kebersihan dan kesehatan merupakan dua hal yang saling terkait, dan kelas keterampilan menari.

KESEHATAN MASYARAKAT

Selain pendidikan, kesehatan juga merupakan kunci untuk keluar dari siklus kemiskinan. Berikut adalah inisiatifinisiatif untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kerja sama dengan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN)

Anak perusahaan kami, PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) bekerja sama dengan YOAN bertujuan untuk menyebarkan gaya hidup aktif dan sehat sejak usia dini. Selain bekerja sama dengan RAJAB, kami juga mengadakan 14 Days Sports Challenge yang dilakukan secara online.

MAPA dan YOAN menyiapkan 14 video olahraga yang dapat melatih kestabilan, daya tahan, koordinasi dan kekuatan tubuh. Seluruh gerakan tersebut dapat dilakukan di mana saja. Video tersebut kami unggah di akun media sosial Instagram MAPA dan YOAN. Kemudian melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan, merekam, dan menggunggah video mereka di media sosial.

14 peserta yang paling kreatif dan konsisten dalam mengunggah video telah kami pilih sebagai pemenang.

Kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)

Department Store yang dikelola MAP bekerja sama dengan PMI mengadakan kegiatan di seluruh gerai SOGO. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19, kegiatan ini hanya bisa berjalan pada bulan Januari dan Februari.

Sebanyak 3.100 kantong darah terkumpul sepanjang kegiatan donor darah ini.

Kerja sama dengan Benihbaik.com

Untuk menyediakan makanan bagi anak-anak yang membutuhkan, Sogo dan MAP Club bekerja sama dengan Benihbaik.com, sebuah situs penggalangan dana yang telah memiliki izin pengumpulan uang di Kementerian Sosial, dan memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kampanye ini kami publikasikan kepada pelanggan melalui brosur di meja kasir, maupun saat pelanggan Selesai berbelanja.

Benihbaik.com membantu kami dalam penyaluran dana tersebut. Kampanye ini berjalan dari 15 Oktober 2020 – 15 Januari 2021 dan total dana yang terkumpul sebesar Rp2,27 miliar.

Kampanye “We Care!” The Foodhall

The Foodhall juga turut serta berperan untuk membantu menyediakan sembako kepada masyarakat rentan, terutama di tengah pandemi ini. Pelanggan The Foodhall dapat meyumbangkan sembako untuk disumbangkan, dan The Foodhall akan membantu menyampaikan donasi tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sembako senilai Rp157 juta telah terkumpul dan disalurkan sepanjang tahun 2020.

Donasi Masker dan Paket Makanan

Pandemi ini memberikan dampak kepada banyak golongan masyarakat.

Kami berusaha secara optimal untuk membantu masyarakat melalui masa yang berat ini. Lebih dari 100.000 paket makanan dan minuman didistribusikan kepada lini terdepan penanganan COVID 19 (dokter, perawat, TNI, dll).

Lebih dari 18.000 masker dan alat kesehatan lainnya didistribusikan kepada karyawan kami, komunitas lokal, dan petani kopi lokal.

Sejumlah Rp1,4 Miliar Dialokasikan untuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Secara total, jumlah biaya yang kami salurkan untuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan pada tahun 2020 adalah Rp1,4 miliar.