TENTANG MITRA ADIPERKASA
Peritel gaya hidup #1 di Indonesia
TENTANG MITRA ADIPERKASA
Berdiri pada tahun 1995, MAP mengalami pertumbuhan pesat selama bertahun-tahun ditandai dengan peluncuran saham perdana Perusahaan pada bulan November 2004. Kini, MAP adalah peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 3.200 gerai ritel dan beragam portofolio yang mencakup sports, fashion, department stores, kids, food & beverage serta produk-produk lifestyle. Beberapa merek terkemuka yang dikelola oleh MAP termasuk Starbucks, Zara, Marks & Spencer, SOGO, SEIBU, Oshkosh B’Gosh, Converse, di antara lainnya. Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia, memiliki lebih dari 32.000 karyawan, MAP memenangkan penghargaan Most Admired Companies (Top 20) dari Fortune Indonesia pada tahun 2012, Top 40 Companies dari Forbes Indonesia pada tahun 2011 dan Top 50 Companies dari Forbes Indonesia pada tahun 2020. Selain dari bidang usaha ritel, MAP juga merupakan distributor terkemuka untuk merek-merek sports, kids dan lifestyle.
- Lebih dari 3,200 gerai ritel
- Portofolio atas lebih dari 150 merek
- Lebih dari 32,000 karyawan
- Hadir di 80 kota di Indonesia
- Lebih dari 110 konsep ritel
Data termasuk Luar Negeri, Burger King dan Domino’s Pizza
Media error: Format(s) not supported or source(s) not found
Download File: https://www.map.co.id/wp-content/uploads/2015/05/MAP_Corporate_Video_Short_720p.mp4?_=1- Lebih dari 2,500 gerai ritel
- Portofolio atas lebih dari 150 merek
- Lebih dari 30,000 karyawan
- Hadir di 73 kota di Indonesia
- Lebih dari 100 konsep ritel
VISI
Untuk menjadi peritel omni-channel terkemuka di Indonesia
MISI
Untuk mendukung kesehatan, kebahagiaan dan gaya hidup yang lebih memuaskan bagi para pelanggan kami melalui portfolio merek kelas dunia dan jaringan ritel omni-channel.
Business Philosophy
Perusahaan dengan orientasi P.E.O.P.L.E
P endekatan yang berfokus kepada manusia
Kami selalu mementingkan para pelanggan dan karyawan dalam setiap inti pengambilan keputusan bisnis.
P emberdayaan
Kami memberdayakan karyawan dengan mendorong jiwa kewirausahaan dan mengembangkan rasa memiliki.
K easlian
Kami mempelopori konsep-konsep dan ide-ide baru dalam seluruh usaha ritel dan pemasaran.
P rinsip-prinsip
Kami menjunjung tinggi prinsip-prinsip integritas dan kejujuran.
L oyalitas
Kami membangun hubungan jangka panjang dengan karyawan, pelanggan dan mitra strategis.
K euntungan
Kami berusaha meraih keuntungan berdasarkan nilai-nilai Utama Perusahaan.
STRUKTUR ORGANISASI
- Dewan Komisaris
- Direksi
- Sri Indrastuti Hadiputranto
- Herman Bernhard Leopold Mantiri
- GBPH. H. Prabukusumo
- Virendra Prakash Sharma
- Johanes Ridwan
- Susiana Latif
- Sean Gustav Standish Hughes
- Handaka Santosa
- Sjeniwati Gusman
- Audit InternalSekretaris Perusahaan
Handaka Santosa
Michele Wibisono
Nicholas Jones
Anthony Cottan
Ravi Kumar Sreeramulu
Dasar Hukum Pengangkatan: Akta no. 112, tanggal 19 Agustus 2021
Presiden Komisaris Independen
Sri Indrastuti Hadiputranto saat ini menjabat sebagai Presiden Komisaris Independen Perusahaan sejak tahun 2020. Pada saat yang sama, beliau juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Kura-Kura Bali sejak 2021, Komisaris Independen PT Astra International Tbk sejak Januari 2018, Penasehat Senior PT Morgan Stanley Indonesia sejak Januari 2017, serta anggota Komite Pemantau Risiko PT CIMB Niaga Tbk sejak Juli 2016. Beliau adalah Partner Pendiri dari firma hukum Hadiputranto, Hadinoto & Partners (1989-2016), dan Partner Internasional Baker & McKenzie (pensiun). Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris Bursa Efek Indonesia (2001- 2004) dan anggota Komite Disiplin Anggota Bursa Efek Indonesia (2009- 2013).Warga negara Indonesia, lahir tahun 1943. Beliau meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia dan gelar Master of Law dari The University of Washington, Amerika Serikat.

Wakil Presiden Komisaris Independen
GBPH. H. Prabukusumo, S. Psi. saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris Independen Perusahaan. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Komisaris serta Komisaris Independen Perusahaan sejak tahun 2009. Secara bersamaan, saat ini beliau juga merupakan Presiden Komisaris PT Jogjakarta Tugu Televisi (sejak 2003), Komisaris BPR Mataram Manunggal di Yogyakarta, Presiden Direktur PT Karka Abisatya Mataram (sejak tahun 1993) dan Komisaris dari PT Lintas Indo Cakrawala (sejak 2010).Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1954, beliau memperoleh gelar Psikologi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 1996.

Komisaris
Johanes Ridwan saat ini menjabat sebagai Komisaris Perusahaan sejak tahun 2023. Secara bersamaan, beliau adalah Kepala Bagian Legal Perusahaan sejak tahun 2000. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Independen PT Mitra Adiperkasa Tbk.
Warga negara Indonesia, kelahiran tahun 1965, Johanes Ridwan memperoleh gelar Sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun
1990.

Presiden Direktur
Herman Bernhard Leopold Mantiri berperan penting sebagai Presiden Direktur Perusahaan sejak tahun 2004. Sebagai pucuk pimpinan Perusahaan, H.B.L. Mantiri juga memegang banyak posisi penting di Anak Perusahaan. Beliau aktif mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan militer sejak tahun 1959 hingga tahun 1986, termasuk Lemhanas KRA XIX pada tahun 1986. Sejak tahun 1962 hingga tahun 1995, Beliau tercatat aktif berkarir di militer dengan jabatan terakhir sebagai Kasum ABRI. Pengabdiannya kepada negara berlanjut dengan menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia di Singapura dari tahun 1996 hingga 1999.Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1939, gelar Doktor Honoris Causa of Ministry in Leadership and Transformation diraihnya dari Sekolah Tinggi Teologi International Harvest (STTIH), pada tahun 2004.

Wakil Presiden Direktur
Virendra Prakash Sharma sangat berperan dalam membangun MAP menjadi perusahaan yang saat ini berdiri sejak beliau bergabung pada tahun 1995. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Perusahaan. Selain perannya di Perusahaan, beliau juga memegang sejumlah posisi penting pada Anak Perusahaan, termasuk Komisaris Utama PT Map Aktif Adiperkasa Tbk sejak 2018, dan Komisaris PT Map Boga Adiperkasa Tbk sejak 2021. Menjadi inspirasi bagi tim MAP dan pelaku usaha lainnya di Indonesia, beliau juga terpilih menjadi salah satu finalis penerima Penghargaan Ernst & Young “Entrepreneur of the Year” pada tahun 2007 dan meraih CNBC “Asia Business Leaders Award” pada tahun 2012 dan 2015.Warga negara India kelahiran tahun 1958, V.P. Sharma adalah rekanan bersertifikat dari Indian Institute of Bankers (India). Memperoleh gelar MBA dari Inggris, dan gelar Sarjana Hukum sekaligus gelar Sarjana Ekonomi yang keduanya diraih di India.

Direktur
Dengan saratnya pengalaman dalam menyusun strategi dan kebijakan keuangan Perusahaan selama bertahun-tahun, Susiana Latif saat ini adalah salah satu Direktur Perusahaan. Beliau pertama kali bergabung dengan MAP pada tahun 1995 membawahi semua aspek keuangan Perusahaan. Setelah lebih dari 25 tahun memberikan kepemimpinan keuangan di MAP, beliau adalah bagian penting dari Perusahaan. Secara bersamaan, beliau menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Map Aktif Adiperkasa Tbk sejak 2023, dan Komisaris PT Map Boga Adiperkasa Tbk sejak 2023.Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1958, beliau meraih gelar Master of Business Administration dari Hull University, Inggris, pada tahun 1996.

Direktur
Sean Gustav Standish Hughes saat ini menjabat sebagai Direktur Perusahaan. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Direktur PT Map Boga Adiperkasa Tbk. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Komisaris PT Mitra Adiperkasa Tbk (2020 – 2021), dan Komisaris PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (2019 – 2021). Beliau telah menjabat sejumlah posisi penting di berbagai organisasi terkemuka di Indonesia, Australia dan Singapura, terutama di sektor investasi perbankan dimana beliau menjadi penasihat untuk klien-klien di berbagai sektor industri terkait finansial perusahaan.Warga negara Inggris kelahiran tahun 1953, Sean Hughes meraih gelar Sarjana di bidang Bisnis dan merupakan anggota Institute of Chartered Accountants di Australia dan New Zealand, dan Financial Services Institute of Australasia.

Komisaris
Handaka Santosa saat ini menjabat sebagai Direktur Perusahaan. Pada periode sebelumnya, beliau menjabat sebagai Komisaris Perusahaan sejak tahun 2014. Sebelum pengangkatannya sebagai anggota Dewan Komisaris, beliau menjabat sebagai CEO Senayan City untuk periode tahun 2005 sampai 2014, dan sebagai Wakil Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Tbk di tahun 2010 ke tahun 2013, juga menjadi Komisaris Independen untuk Alfa Retailindo sejak tahun 2008 hingga 2011. Saat ini beliau juga menjadi bagian dari manajemen SOGO Indonesia, Komisaris Utama PT Map Boga Adiperkasa Tbk dan Direktur PT Map Aktif Adiperkasa Tbk. Handaka Santosa pernah menjadi Direktur Gajah Mada Plaza pada tahun 1981 hingga 1988. Selain perannya di Perusahaan, beliau juga memegang posisi penting di sejumlah organisasi, antara lain Staff Ahli Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi DKI Jakarta (2022 – saat ini), Ketua Komite Tetap Pengembangan Produk dan Komoditi Daerah KADIN Indonesia (2021 – sekarang), Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Merek Global Indonesia (2021 – sekarang), Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia – APPBI (2012 – 2015), Penasehat Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (2011 – 2015), Anggota Dewan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (2009 – 2012), Sekjen dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (2000 – 2008), dan beberapa organisasi lainnya.Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1956, beliau meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Diponegoro, Semarang, pada tahun 1981.

Direktur
Secara konsisten memberikan kontribusi terhadap berbagai usaha Perusahaan, Sjeniwati Gusman merupakan Direktur Tidak Terafiliasi Perusahaan dari tahun 2004 hingga 2005. Sejak Juni 2005, beliau telah menjabat sebagai Direktur Perusahaan, dan juga menjabat sebagai Direktur PT Map Boga Adiperkasa Tbk sejak tahun 2017.Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1958, Sjeniwati Gusman saat ini menjabat sejumlah posisi lain di Anak Perusahaan. Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta, pada tahun 1983.

Peran Komite Audit adalah untuk mendukung kinerja Dewan Komisaris dalam melaksanakan fungsi pengawasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 55/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit serta Bursa Efek Indonesia yang merujuk kepada integritas laporan keuangan, manajemen risiko dan pengendalian internal; kepatuhan kepada hukum dan peraturan lainnya; kinerja, kualifikasi, serta independensi auditor eksternal dan kinerja fungsi audit internal. Komite Audit melaksanakan fungsinya secara independen.
Anggota Komite Audit Perusahaan dipilih oleh Dewan Komisaris. Salah satu anggotanya adalah Komisaris Independen Perusahaan dan bertanggungjawab secara langsung kepada Dewan Komisaris. Seluruh anggota Komite Audit menghadiri pertemuan intensif yang dijadwalkan sekali setiap kuartal (4 kali setahun) untuk mengkaji keefektifan fungsi audit internal, penerapan audit oleh auditor eksternal, mengkaji seluruh laporan keuangan serta melakukan evaluasi efektifitas pengendalian internal.
Pada tahun 2019, para anggota Komite Audit terdiri dari:
Bapak GBPH H. Prabukusumo, S.Psi (Ketua)
Lahir pada 27 Desember 1954, beliau memperoleh gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada tahun 1996. Sejak Juni 2009, menjabat sebagai Komisaris Independen Perusahaan.Bapak Riono Trisongko (Anggota)
Lahir pada 16 Januari 1959, beliau meraih Diplomasi di bidang Akuntansi pada tahun 1988. Sejak tahun 2017, menjabat sebagai anggota Komite Audit Perusahaan.Bapak Wahyu Septiana (Anggota)
Lahir pada 11 September 1960. Memperoleh gelar Diploma di bidang Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun 1988. Sejak tahun 2018 menjadi anggota Komite Audit Perusahaan.
Selama tahun 2019 Komite Audit telah menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya sesuai dengan yang tertera dalam Piagam Komite Audit.
Pengangkatan Ketua dan Anggota Komite Audit Perusahaan adalah berdasarkan Berita Acara Rapat Dewan Komisaris pada tanggal 22 Oktober 2018. Masa jabatan anggota Komite Audit pada periode ini akan berakhir pada penutupan RUPS Tahunan 2020. Pada tahun 2019, Komite Audit tidak mengikuti program peningkatan kompetensi.
Sekretaris Perusahaan bertindak sebagai penghubung yang menjembatani kepentingan antara Perusahaan dengan pihak eksternal, dan melayani kepentingan kedua pihak, terutama menjaga citra Perusahaan dan pemenuhan tanggung jawab oleh Perusahaan. Fungsi Sekretaris Perusahaan mencakup tugas-tugas kesekretariatan Perusahaan, hubungan investor dan masyarakat, legal dan penegakan kepatuhan terhadap otoritas industri dan pasar modal, serta ketentuan Tata Kelola Perusahaan yang baik. Melalui berbagai kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, Sekretaris Perusahaan turut menjaga citra Perusahaan dan mewakili Direksi dalam kegiatan komunikasi eksternal, khususnya dengan pihak regulator, investor, komunitas pasar modal dan para pemangku kepentingan lainnya. Sejak bulan Mei 2018, posisi Sekretaris Perusahaan dijabat oleh Eva Andrianie yang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Direksi PT Mitra Adiperkasa Tbk No.: L-001/SK/CS-MAP/V/2018 tanggal 16 Mei 2018.
Eva Andrianie
Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1977. Eva Andrianie memulai karirnya di MAP pada tahun 2001, dan ditunjuk sebagai Sekretaris Perusahaan sejak Mei 2018. Beliau memperoleh Gelar Sarjana Hukum dari Universitas Atmajaya, Jakarta, Indonesia, pada tahun 1999.
G.B.P.H. H. Prabukusumo, S.Psi (Ketua)
Warga negara Indonesia, kelahiran tahun 1954. Beliau memperoleh gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada tahun 1996. Sejak 2018, menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi & Remunerasi Perusahaan.
Johanes Ridwan (Anggota)
Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1965. Beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia pada tahun 1990. Sejak 2019, menjabat sebagai anggota Komite Nominasi & Remunerasi Perusahaan.
Kiswati (Anggota)
Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1965. Sebelum bergabung dengan MAP, Ibu Kiswati memegang posisi penting di perusahaan lain, termasuk PT Sulindafin dan PT Tolino. Gelar Sarjana diraihnya dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI. Sejak 2018, menjabat sebagai anggota Komite Nominasi & Remunerasi Perusahaan.
Pengangkatan Ketua dan Anggota Komite Audit Perusahaan adalah berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris No. Kep-Kom-001/MAP/III/2017 tanggal 16 Maret 2017. Masa jabatan anggota Komite Nominasi & Remunerasi pada periode ini akan berakhir pada penutupan RUPS Tahunan 2020. Pada tahun 2019, Komite Nominasi & Remunerasi tidak mengikuti program peningkatan kompetensi.
Warga negara Indonesia kelahiran tahun 1959, Bapak Trisnowibowo saat ini menjabat sebagai Auditor Internal Perusahaan. Sebelum bergabung dengan MAP, Bapak Trisnowibowo memegang posisi penting di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (1983 – 2000) dan di Departemen Keuangan – Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara (1981 – 1983). Beliau memperoleh gelar MBA dari University of New Brunswick, dan gelar D4 diraihnya dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).
Pengangkatan Unit Audit Internal Perusahaan adalah berdasarkan Surat Keputusan Presiden Direktur No. 001/PERS/KET/MAP/I/2016 tanggal 3 Januari 2016. Penunjukannya sebagai Ketua Unit Audit Internal berdasarkan pendidikan dan pengalaman kerjanya di bidang terkait.
ANAK PERUSAHAAN
Berikut adalah daftar Anak Perusahaan, persentase saham, bidang usaha, status perusahaan dan lokasinya.
NO | Nama Perusahaan | Bidang Usaha | Kepemilikan Langsung | Kepemilikan Tidak Langsung*) | Status |
---|---|---|---|---|---|
1 | PT Creasi Mode Indonesia | Penjualan ritel | 99.996% | 0.004% | Beroperasi |
2 | PT Creasi Mode Indonesia Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
3 | PT Mitra Fashindo Abadi | Penjualan ritel | 99.999% | 0.001% | Beroperasi |
4 | PT Mitra Fashindo Abadi Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
5 | PT Sarimode Fashindo Adiperkasa | Penjualan ritel | 99.998% | 0.002% | Beroperasi |
6 | PT Sarimode Fashindo Adiperkasa Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
7 | PT Mitramode Duta Fashindo | Penjualan ritel | 99.996% | 0.004% | Beroperasi |
8 | PT Mitramode Duta Fashindo Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
9 | PT Prima Buana Perkasa | Penjualan ritel | 99.997% | 0.003% | Beroperasi |
10 | PT Prima Buana Perkasa Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
11 | PT Sukses Diva Mandiri | Penjualan ritel | 99.996% | 0.004% | Beroperasi |
12 | PT Sukses Diva Mandiri Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
13 | PT Bersama Karunia Mandiri | Penjualan ritel | 99.996% | 0.004% | Beroperasi |
14 | PT Bersama Karunia Mandiri Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
15 | PT Sarimode Griya | Penjualan ritel | 99.999% | 0.001% | Beroperasi |
16 | PT Sarimode Griya Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
17 | PT Omega Fashindo Adiperkasa | Penjualan ritel | 99.99% | 0.01% | Beroperasi |
18 | PT Omega Fashindo Adiperkasa Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
19 | Mitra Adiperkasa Vietnam Co. Ltd. | Penjualan ritel | 100% | – | Beroperasi |
20 | Mitramode Duta Fashindo Vietnam Co. Ltd. | Penjualan ritel | 100% | – | Beroperasi |
21 | Prima Buana Perkasa Vietnam Co. Ltd. | Penjualan ritel | 100% | – | Beroperasi |
22 | Sukses Diva Mandiri Vietnam Co. Ltd. | Penjualan ritel | 100% | – | Beroperasi |
23 | Bersama Karunia Mandiri Vietnam Co. Ltd. | Penjualan ritel | 100% | – | Belum Beroperasi |
24 | Mitra Adiperkasa (Cambodia) Co. Ltd | Penjualan ritel | 100% | – | Beroperasi |
25 | Map Active (Thailand) Ltd. | Penjualan ritel | 99.999% | 0.001% | Beroperasi |
26 | PT Map Active | Penjualan ritel | 99.997% | 0.003% | Beroperasi |
27 | PT Ritel Panen Adiperkasa | Penjualan ritel | 99.998% | 0.002% | Beroperasi |
28 | PT Benua Abadi Mentari | Penjualan ritel | 99.980% | 0.020% | Beroperasi |
29 | PT Benua Sejahtera Mentari | Penjualan ritel | 99.980% | 0.020% | Beroperasi |
30 | PT Benua Prima Surya | Penjualan ritel | 99.980% | 0.020% | Beroperasi |
31 | PT Benua Prima Abadi | Penjualan ritel | 99.980% | 0.020% | Beroperasi |
32 | PT Benua Sumber Abadi | Penjualan ritel | 99.980% | 0.020% | Beroperasi |
33 | PT Map Aktif Adiperkasa Tbk | Penjualan ritel | 68.843% | – | Beroperasi |
34 | PT Map Aktif Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
35 | PT Benua Prima Agung | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
36 | PT Mitra Gaya Indah | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
37 | PT Mitra Gaya Indah Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
38 | PT Putra Agung Lestari | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
39 | PT Putra Agung Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
40 | PT Aldo Indonesia Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
41 | PT Aldo Indonesia Adiperkasa Ritell | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
42 | PT Astec Asia Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 90.00% | Beroperasi |
43 | PT Map FTL Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
44 | PT Mitra Garindo Perkasa | Manufaktur | – | 100% | Beroperasi |
45 | Athletica International Holdings Pte. Ltd. | Lain-lain | – | 100% | Beroperasi |
46 | Noble Footwear Holdings Pte. Ltd | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
47 | Noble Footwear (Thailand) Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
48 | Noble Footwear Malaysia Sdn. Bhd. | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
49 | Eon Atlantic Footwear Pte. Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
50 | Magna Management Asia Co. Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
51 | MAA Sports Malaysia Sdn. Bhd. | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
52 | MAA Sports Singapore Pte. Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
53 | Map Active Singapore Pte. Ltd. | Penjualan ritel | – | 90% | Beroperasi |
54 | Map Active Malaysia Sdn. Bhd. | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
55 | Map Active Adiperkasa Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
56 | Map Active Philippines Inc. | Penjualan ritel | – | 92.5% | Beroperasi |
57 | New Golden Heritage Pte. Ltd. | Other | – | 100% | Beroperasi |
58 | Planet Sports Inc. | Penjualan ritel | – | 66.690% | Beroperasi |
59 | PT Benua Hamparan Luas** | Department stores | 99.997% | 0.003% | Beroperasi |
60 | PT Panen Lestari Internusa | Department stores | 99% | 1% | Beroperasi |
61 | PT Java Retailindo** | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
62 | PT Sari Gemilang Makmur | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
63 | PT Kinokunia Bukindo | Toko Buku | – | 100% | Beroperasi |
64 | PT Kinokunia Pustaka Indonesia (dahulu/formerly PT Cemerlang Kharisma Internusa) |
Toko Buku | – | 100% | Beroperasi |
65 | PT Graha Prima Cemerlang | Lain-lain | – | 100% | Belum Beroperasi |
66 | PT Graha Agung Sukses | Lain-lain | – | 100% | Belum Beroperasi |
67 | PT Graha Indah Lestari | Lain-lain | – | 100% | Belum Beroperasi |
68 | Asia Retail Investments Pte. Ltd. | Lain-lain | – | 100% | Beroperasi |
69 | PT Alun-Alun Indonesia Kreasi | Lain-lain | – | 100% | Beroperasi |
70 | PT Out of Asia | Manufaktur | – | 100% | Beroperasi |
71 | PT Sari Boga Lestari | Kafe dan restoran | 54.665% | 45.34% | Beroperasi |
72 | PT Map Boga Adiperkasa Tbk | Kafe dan restoran | 79.09% | 0.01% | Beroperasi |
73 | PT Sari Coffee Indonesia | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
74 | PT Sari Pizza Indonesia | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
75 | PT Sari IceCream Indonesia | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
76 | PT Premier Doughnut Indonesia | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
77 | PT Sari Food Lestari | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
78 | PT Agung Mandiri Lestari | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
79 | PT Sari Sandwich Indonesia | Kafe dan restoran | – | 100% | Beroperasi |
80 | PT Map Panen Lestari | Lain-lain | 99.999% | 0.001% | Beroperasi |
81 | PT Panen Prima Adiperkasa | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
82 | PT Mitra Selaras Sempurna | Penjualan ritel | 19.197% | 80.803% | Beroperasi |
83 | PT Mitra Selaras Sempurna Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
84 | PT Panen Selaras Intibuana | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
85 | PT Panen GL Indonesia | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
86 | PT Panen Lestari Indonesia | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
87 | PT Panen Mode Indonesia (dahulu/formerly PT Prima Mode Indonesia) |
Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
88 | PT Panen Sports Lestari | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
89 | PT Panen Kreasi Indonesia (dahulu/formerly PT Panen Cosmetic Indonesia) |
Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
90 | PT Panen Tatagriya Indonesia (dahulu/formerly PT Panen Travel Indonesia) (dahulu/formerly PT Panen Fashion Indonesia) |
Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
91 | PT Panen Swalayan Adiperkasa | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
92 | PT Swalayan Sukses Abadi | Department stores | – | 100% | Beroperasi |
93 | PT Swalayan Panen Abadi | Department stores | – | 100% | Belum Beroperasi |
94 | PT Panen Kosmetik Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
95 | PT Kosmetik Selaras Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
96 | PT Kosmetik Selaras Adiperkasa Ritel | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
97 | PT Panen Wangi Abadi | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
98 | PT Panen Selaras Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
99 | PT Panen Sehat Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
100 | PT Kosmetik Lestari Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
101 | Map Universal Holding Pte. Ltd. (dahulu/formerly Map Active Pte. Ltd.) |
Penjualan ritel | 100% | – | Beroperasi |
102 | Universal Fashion Singapore Pte. Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Belum Beroperasi |
103 | PT Map Properti Adiperkasa | Lain-lain | 99.999% | 0.001% | Belum Beroperasi |
104 | PT Kebon Melati Properti | Lain-lain | – | 100% | Belum Beroperasi |
105 | PT Map Tropik Properti | Lain-lain | – | 100% | Belum Beroperasi |
106 | PT Mapple Mitra Adiperkasa | Penjualan ritel | 99.999% | 0.001% | Beroperasi |
107 | PT Map Zona Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
108 | PT Mapple Digismart Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
109 | PT Mapple Digiplus Adiperkasa | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
110 | Mapple Mitra Adiperkasa Vietnam Co. Ltd. | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
111 | Mapple Mitra Adiperkasa (Cambodia) Co. Ltd | Penjualan ritel | – | 100% | Beroperasi |
112 | PT Siola Sandimas | Lain-lain | 99.999% | 0.001% | Beroperasi |
113 | PT Premier Capital Investment | Lain-lain | 99.500% | – | Beroperasi |
114 | PT Map Digital Adiperkasa | Lain-lain | 99.996% | 0.004% | Beroperasi |
115 | PT Mitra Akademi Perkasa | Lain-lain | 99.995% | 0.005% | Beroperasi |
per 31 December 2022
Seluruh entitas anak berdomisili di Jakarta, kecuali Map Active (Thailand) Ltd. (Thailand), Map Active Adiperkasa Ltd. (Thailand), Noble Footwear (Thailand) Ltd. (Thailand), Asia Retail Investments Pte. Ltd. (S), Athletica International Holdings Pte. Ltd. (Singapura), Eon Atlantic Footwear Pte. Ltd. (Singapura), MAA Sports Singapore Pte. Ltd. (Singapura), Map Active Singapore Pte. Ltd. (Singapura), MAP Universal Holding Pte. Ltd. (Singapura), New Golden Heritage Pte. Ltd. (Singapura), Noble Footwear Holdings Pte. Ltd. (Singapura), Universal Fashion Singapore Pte. Ltd. (Singapura), MAA Sports Malaysia Sdn. Bhd. (Malaysia), Map Active Malaysia Sdn. Bhd. (Malaysia), Noble Footwear Malaysia Sdn. Bhd. (Malaysia), Bersama Karunia Mandiri Vietnam Co. Ltd. (Vietnam), Magna Management Asia Co. Ltd. (Vietnam), Mapple Mitra Adiperkasa Vietnam Co. Ltd. (Vietnam), Mitra Adiperkasa Vietnam Co. Ltd. (Vietnam), Mitramode Duta Fashindo Vietnam Co. Ltd. (Vietnam), Prima Buana Perkasa Vietnam Co. Ltd. (Vietnam), Sukses Diva Mandiri Vietnam Co. Ltd. (Vietnam), Map Active Philippines Inc. (Filipina) Planet Sports, Inc. (Filipina), Mapple Mitra Adiperkasa (Cambodia) Co. Ltd. (Kamboja), Mitra Adiperkasa (Cambodia) Co. Ltd. (Kamboja) dan PT Out Of Asia (Yogyakarta).
*) Pemilikan tidak langsung melalui entitas anak
**) Dalam proses likuidasi
Corporate Social Responsibility

Di MAP, menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) merupakan sebuah keharusan, sejalan dengan misi Perusahaan untuk mendukung kesehatan, kebahagiaan dan gaya hidup yang lebih memuaskan. Untuk memastikan seluruh lini Perusahaan menjalankan TJSL, budaya menghormati, integritas, keselamatan dan kesehatan kerja, dan tanggung jawab terhadap lingkungan juga termasuk dalam kode etik Perusahaan. Kami percaya bahwa mengintegrasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam usaha kami akan memberikan kontribusi kepada keberlanjutan.
TANGGUNG JAWAB DI BIDANG LINGKUNGAN


Energi dan Emisi
Sejalan dengan komitmen Perusahaan untuk turut bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, kami juga melakukan berbagai upaya untuk menghemat penggunaan energi, seperti pemanfaatan bohlam dan monitor LED, juga mematikan lampu dan AC di kantor pusat pada saat jam istirahat serta seusai jam kerja. Pada tahun 2020, dikarenakan implementasi Kebijakan work from home, konsumsi energi di kantor pusat menurun sebanyak 31,58% menjadi 1.69 Gwh dibandingkan konsumsi tahun sebelumnya sebesar 2.47 Gwh.
Although the retail industry does not have a direct impact on the environment, we are undertaking a number of initiatives to reduce emissions and prevent global warming. Our subsidiary, PT Map Aktif Adiperkasa Tbk together with Converse, commissioned local artists to create murals using special paints that are able to absorb emissions. A 13.6m X 2.8m mural located on Jl. MH Thamrin, Central Jakarta, has the ability to absorb emissions equivalent to 300 trees.



Green Champions
Pada 2 Maret 2020, kami melantik 88 karyawan yang mendaftar menjadi relawan Green Champions, yang berkomitmen untuk menerapkan praktik-praktik berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari, serta berusaha mengajak para karyawan lainnya untuk menerapkan gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

Pengurangan dan Manajemen Limbah
Penumpukan sampah plastik di laut kini menjadi topik yang banyak dibicarakan. Untuk membantu pengurangan sampah plastik, serta mendukung peraturan pemerintah untuk mengurangi plastik, tas belanja pada gerai-gerai MAP kini sudah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Pada akhir tahun 2020, 86% tas belanja sudah menggunakan bahan dasar kertas atau spunbonded bag yang bisa digunakan secara berulang-ulang. Selebihnya merupakan tas plastik biodegradable.
Starbucks melalui kampanye Greener Nusantara juga mengurangi sampah plastik dengan mengganti 14 juta sedotan plastik menjadi sedotan kertas, 300 ribu pengaduk plastik menjadi pengaduk kayu, 290 ribu botol plastik dengan botol kaca, serta menggunakan 120 ribu peralatan makan dari bahan biodegradable, 33 juta lembar tisu dari bahan daur ulang, dan 3,4 juta gelas yang berbahan dasar recycled PET. Starbucks juga mendorong penggunaan botol minum guna ulang (tumbler), dengan memberikan insentif kepada konsumen yang membeli minuman menggunakan tumbler.


Untuk mengurangi limbah pakaian yang timbul pasca konsumsi, kami telah menyiapkan program Take Back di seluruh gerai Zara di lima kota (Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, dan Surabaya). Para pelanggan dapat meletakkan baju dari merek apapun pada kotak yang telah kami sediakan. Bekerja sama dengan Sekolah Relawan – sebuah organisasi non-profit, baju yang terkumpul akan disortir, baju yang layak pakai akan didonasikan atau dijual kembali, dan hasil penjualan digunakan untuk mendanai kegiatan Sekolah Relawan, sementara baju yang sudah tidak layak pakai akan didaur ulang menjadi keset/kain pel. Pada tahun 2020, baju yang berhasil dikumpulkan melalui program Take Back adalah sebanyak 324 kg.
Sebagai perusahaan ritel, kami bertindak sebagai tenant di banyak pusat perbelanjaan, oleh karena itu sistem penanganan limbah kami diatur oleh para pemilik gedung. Akan tetapi, kami juga berupaya untuk mengurangi limbah yang timbul dari usaha kami dengan meningkatkan kinerja sistem TI kami. Kami juga mengurangi penggunaan kertas dan limbah kertas didukung oleh sistem TI.

Collaboration with Planet Water Foundation
Starbucks bekerja sama dengan Planet Water Foundation, berupaya untuk memberikan akses air bersih kepada masyarakat sekitar melalui program ini. Pada tahun 2020, Perusahaan mendirikan satu water tower baru di SDN 6 Pemenang Barat, Lombok Utara. Selain itu, Perusahaan juga memberikan donasi berupa persediaan sabun tangan ke masyarakat di sekitar 12 water tower lainnya yang tersebar di Bali, Bekasi, Lombok, Medan, Surabaya dan Tangerang. Donasi persediaan sabun tangan ini diharapkan dapat membantu penanganan pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia.

TANGGUNG JAWAB DI BIDANG KETENAGAKERJAAN

Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Sebagai perusahaan ritel, keberhasilan kami sangat tergantung pada karyawan. Industri ritel merupakan industri padat karya dan Perusahaan memberikan dampak kepada lebih dari 20.000 karyawan. Oleh karena itu menyediakan tempat kerja yang aman, sehat dan nyaman merupakan sebuah keharusan. Perusahaan memastikan agar para karyawan memiliki akses terhadap kebutuhan mendasar. Selain memastikan adanya ventilasi, air dan cahaya yang memadai, kami juga memastikan aspek-aspek keamanan seperti adanya alat pemadam api ringan, jalur evakuasi, serta muster point. Lebih dari itu, Perusahaan juga menyediakan klinik untuk menjaga kesehatan karyawan kami, menyediakan ruangan menyusui, mushola dan ruang beribadah untuk memenuhi kebutuhan spiritual para karyawan.

Untuk membangun suasana kerja yang nyaman dan penuh keakraban, kami juga sangat mendukung kegiatankegiatan yang melibatkan para karyawan. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat membantu karyawan untuk menjaga kesehatan mental dan saling mengenal, sehingga dapat meningkatkan kerja sama antar karyawan. Staff Day merupakan salah satu contoh dari kegiatan ini. Staff Day diikuti oleh karyawan dari semua level, baik dari level staf sampai level Direksi. Kesempatan tersebut dipergunakan untuk saling mengenal dan melakukan kegiatan yang membantu membangun kerja sama antar tim.
Perusahaan juga menunjukkan rasa terima kasihnya kepada para karyawan yang telah mendedikasikan dirinya terhadap perkembangan Perusahaan, melalui penghargaan seperti Employee of the Year dan penghargaan 10 tahun berkarir di MAP. Dengan memberikan penghargaan tersebut kami harapkan mampu meningkatkan semangat karyawan untuk saling berkompetisi secara sehat meraih prestasi kinerja yang lebih baik.

Kesetaraan Gender
Sebagai Perusahaan yang lahir dan berkembang di Indonesia, kami pun mengadopsi semboyan Bhinneka Tunggal Ika di dalam praktik kepegawaian. Dengan prinsip P.E.O.P.L.E yang dianut, kami berupaya mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif tanpa diskriminasi. Di MAP, kami menjunjung kesempatan yang setara, budaya saling menghargai yang dicantumkan dalam kode etik Perusahaan. Semua pelanggaran kode etik dapat dilaporkan melalui jalur whistleblower.
Kami juga telah menempuh dan memperoleh sertifikasi EDGE di level Assess. EDGE merupakan lembaga internasional yang dapat memberikan sertifikasi di bidang kesetaraan gender. Empat hal yang dinilai dalam sertifikasi EDGE, yaitu:
- Kesetaraan gender di semua jabatan
- Kesetaraan remunerasi
- Kebijakan dan praktik yang mendukung kesetaraan gender
- Budaya inklusif perusahaan
Perjanjian Kerja Bersama
Kami juga mendukung terbentuknya serikat pekerja MAP. Setiap dua tahun sekali, serikat pekerja dan perusahaan berunding untuk merumuskan perjanjian kerja bersama. Perundingan dan perjanjian ini sangat penting untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling memahani antar perusahaan dan karyawan. Perjanjian kerja Bersama mencakup topik seperti: hubungan kerja, hak dan kewajiban, hari dan jam kerja serta lembur, hari libur cuti dan ijin meninggalkan pekerjaan, pengupahan dan penilaian hasil kerja, keselamatan kesehatan dan kesejahteraan kerja, kode etik tata tertib dan disiplin kerja, sanksi dan peringatan, pemutusan hubungan kerja, dan penyelesaian keluh kesah.
Upah dan Remunerasi
Sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan, tidak ada karyawan MAP yang mendapatkan gaji di bawah Upah Minimum Regional di tempat mereka bekerja. Kami juga menyediakan sistem penilaian secara online yang transparan sehingga mendorong karyawan untuk semakin berprestasi. Tunjangan-tunjangan wajib seperti BPJS juga telah diberikan oleh Perusahaan. Semua tunjangan dan hari libur sudah tertulis di dalam Perjanjian Kerja Bersama.
Pernyataan Tenaga Kerja Anak dan Tenaga Kerja Paksa
Kami tidak memperkerjakan tenaga kerja anak maupun tenaga kerja paksa di seluruh kegiatan Perusahaan. Kami selalu meminta foto copy KTP kepada seluruh karyawan untuk dijadikan database sekaligus membuktikan bahwa karyawan yang bersangkutan sudah cukup umur untuk bekerja. Kami juga bernegosiasi, menunjukkan dan meminta persetujuan terhadap perjanjian kerja yang berisi deskripsi pekerjaan, remunerasi, serta hak dan kewajiban terkait pekerjaan tersebut kepada seluruh karyawan sebelum yang bersangkutan memulai pekerjaannya.
Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan Pegawai (404-1)
Lebih dari 80% karyawan kami merupakan lulusan SD/SMP/SMA. Oleh karena itu, merupakan hal yang penting bagi kami untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, sehingga semua karyawan kami, memiliki keahlian dan kesempatan yang cukup untuk meniti tangga karier di MAP.
Adapun program pelatihan profesional yang kami berikan melalui:
- MAP Retail Academy, yang berfokus pada soft skill dan persiapan sertifikasi.
- Pelatihan online.
- Pelatihan internal.
Sekolah kejuruan ataupun jurusan khusus ritel belum tersedia di Indonesia, oleh karena itu kami membentuk MAP Retail Academy sebagai pusat pelatihan ritel di Indonesia. Kurikulum MAP Retail Academy dikembangkan berdasarkan standar kurikulum internasional, seperti Australian Retailers Association. MAP Retail Academy juga sudah terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga kami yakin MAP Retail Academy dapat mendukung sektor ritel di Indonesia untuk masuk ke dalam industri 4.0.
Waktu Pelatihan Rata-Rata Karyawan
Keterangan | 2021 | 2020 | ||||
Male | Female | Total | Male | Female | Total | |
Waktu Pelatihan (jam) | 384,149 | 289,796 | 673,945 | 265,851 | 192,513 | 458,364 |
Jumlah Karyawan | 11,094 | 9,665 | 20,759 | 11,905 | 8,862 | 20,767 |
Waktu Pelatihan Rata-Rata (Jam/Karyawan) | 34.6 | 30.0 | 32.5 | 22.3 | 21.7 | 22.1 |
Pelatihan MAP Retail Academy
Topik | Jumlah Peserta | |
2021 | 2020 | |
Personal development | 15,317 | 14,103 |
Well being | 12,299 | 4,658 |
Selling skills | 9,800 | 7,370 |
Leadership | 8,982 | 7,696 |
Customer service | 6,048 | 4,765 |
Jumlah | 52,446 | 38,592 |
Data Akses iActive
Jenis Modul | FY 2021 | FY 2020 |
Soft skills | 5,198 | 3,070 |
Technical Skills | 5,177 | 3,893 |
New System | 5,146 | 3,990 |
Jumlah Akses | 15,521 | 10,953 |
Semua karyawan berhak mengikuti program pelatihan ini tanpa memandang latar belakang karyawan.

Kebijakan di Masa Pandemi
Selama masa pandemi, kami melakukan implementasi protokol kesehatan yang ketat baik untuk karyawan gerai maupun kantor pusat. Inisiatif work from home kami jalankan untuk menjaga kesehatan karyawan. Untuk karyawan yang tetap harus bertugas di gerai maupun kantor, selain mengingatkan dan mengawasi mereka untuk menerapkan protokol kesehatan, kami juga mendistribusikan masker, hand sanitizer, dan peralatan kesehatan lainnya.
Mekanisme Pengaduan Masalah Ketenagakerjaan
Segala keluhan atau pertanyaan tentang masalah ketenagakerjaan, dapat disampaikan kepada bagian SDM. Untuk mempermudah komunikasi, bagian SDM juga sudah menyiapkan MAP PEEPS, sebuah whatsapp channel yang dapat digunakan oleh semua karyawan untuk menyampaikan pertanyaan kepada tim SDM. Karyawan juga dapat menyampaikan keluhannya melalui Forum Karyawan yang nantinya akan menyampaikan keluhan tersebut kepada tim SDM. Segala pelanggaran terkait kode etik bisa dilaporkan melalui whistleblowing channel Perusahaan.
TANGGUNG JAWAB DI BIDANG KESEHATAN KONSUMEN
Keamanan dan kesehatan pelanggan merupakan prioritas utama Perusahaan. Sejalan dengan nilai P.E.O.P.L.E, kami selalu mementingkan para pelanggan dan karyawan dalam setiap inti pengambilan keputusan bisnis. Berikut adalah inisiatif yang diimplementasikan oleh Perusahaan untuk memastikan keamanan dan kesehatan Pelanggan:
Gerai yang Aman
Seluruh gerai memenuhi standar keamanan. Kami menyediakan alat pemadam api ringan maupun sprinkler di setiap gerai. Selain itu, di masa pandemi ini, kami juga memastikan gerai–gerai MAP menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Karyawan di gerai akan selalu menggunakan masker, papan partisi dan tanda-tanda untuk menjaga jarak dan hand sanitizer akan selalu tersedia. Kami juga secara berkala membersihkan lokasi gerai dan barang-barang yang dijual.

Produk yang Aman
Sesuai dengan peraturan Kementerian Perindustrian Indonesia, semua produk mainan yang dijual telah diuji dan mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Seluruh produk kosmetik juga telah mendapatkan sertifikat dari badan BPOM. Untuk produk-produk yang belum wajib SNI, produk-produk kami berasal dari principal yang memiliki standar kualitas produk yang tinggi. Sebagai contoh, Inditex memiliki kebijakan “Clean to Wear” yang mengatur zat-zat kimia yang diperbolehkan terkandung pada produknya, serta “Safe to Wear” yang mengatur fitur-fitur pada produknya untuk mencegah bahaya terjerat, tertusuk, dan bahaya lainnya saat dikenakan oleh konsumen. Kami juga memberikan infomasi yang jelas pada label kemasan. Kegunaan dari produk, bahan-bahan yang digunakan di dalam produk, ukuran produk, bahaya tersedak, dan berbagai informasi lainnya sudah dicantumkan pada kemasan produk.

Makanan yang Aman
Kami memiliki dan menerapkan standar operasi penangangan makanan, kebersihan, dan sanitasi yang ketat untuk menjaga keamanan produk makanan. Beberapa produk makanan kami seperti Cold Stone, Krispy Kreme, dan Domino Pizza disiapkan pada central kitchen yang telah memiliki standar ISO 22000 – sistem manajemen keamanan pangan. Kami juga memberikan informasi kehalalan makanan dengan jelas.
Layanan Pelanggan
Masukan dari pelanggan merupakan informasi yang sangat penting bagi kami. Pelanggan dapat menghubungi daftar kontak berikut ini untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhan mengenai produk produk kami.
Corporate Secretary
Ph. : (+62-21) 80648488
The Athlete’s Foot
Telp: +62-21 574 5808,
Fax: +62-21 574 0150
TANGGUNG JAWAB MASYARAKAT SEKITAR
Bagi MAP, kegiatan pengembangan masyarakat bukanlah kewajiban semata. Masyarakat sekitar mendukung Perusahaan dengan berperan sebagai pelanggan, maupun karyawan. Oleh karena itu, tumbuh bersama dengan masyarakat yang berada di sekitar lingkungan Perusahaan merupakan kunci dari pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat sekitar tidak hanya ditunjukkan melalui pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kami berfokus pada bidang pendidikan dan kesehatan, karena kedua hal ini merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan.
Tenaga Kerja dan Produk Lokal
Sebagaimana penjelasan sebelumnya, karyawan gerai kami berasal dari masyarakat sekitar. Beberapa posisi seperti manager, mungkin berasal dari daerah lain, namun kami menyediakan berbagai program pelatihan agar karyawan yang bergabung dengan kami nantinya siap untuk menempati posisi managerial. Perusahaan juga memiliki konsep Alun-Alun Indonesia yang mendedikasikan seluruh store area untuk produk-produk lokal.
PENDIDIKAN BERKUALITAS UNTUK MASYARAKAT
Pendidikan berkualitas merupakan kunci untuk mengentaskan kemiskinan. Berikut adalah sejumlah inisiatif Perusahaan dalam memberikan program pendidikan berkualitas.

Rumah Belajar Anak Bintang (RAJAB)
Bekerja sama dengan Karang Taruna Jawa Barat, RAJAB merupakan rumah belajar yang berfokus terhadap Pendidikan karakter dari usia emas perkembangan anak (10 – 15 tahun). Program pendidikan di RAJAB diberikan secara cumacuma kepada anak-anak dari keluarga pra sejahtera mulai kelas 4 SD hingga kelas 3 SMP. Pendidikan karakter di RAJAB dilaksanakan melalui penguasaan terhadap mata pelajaran di sekolah (Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris), pendidikan budaya, field trip, dan kelas inspirasi.
Program yang berawal pada tahun 2014 ini kini sudah hadir pada 7 desa di wilayah Jawa Barat, yaitu:
- Cijemit
- Gempolsari
- Panyocokan
- Muaragembong
- Sukawening
- Kamojing
- Kutawaringin

Aktifitas pembelajaran Siswa RAJAB saat new normal.

Aktifitas pembelajaran Siswa RAJAB saat new normal.
Untuk memastikan pertumbuhan karakter berjalan dengan baik, RAJAB juga melibatkan orangtua siswa RAJAB, membangun kapasitas mentor, dan bekerja sama dengan masyarakat setempat (melalui partisipasi para pemuda dari Karang Taruna Jawa Barat).
Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan karena adanya pandemi COVID-19. Pada tahun tersebut, RAJAB berkomunikasi dan mengikuti petunjuk dari pemerintah setempat dalam melaksanakan kegiatannya. Pada saat kegiatan belajar dan mengajar tidak bisa dilaksanakan dengan tatap muka, RAJAB tetap membimbing anak didiknya melalui grup Whatsapp. Di saat pembelajaran sudah boleh dilaksanakan dirumah belajar, RAJAB juga menjalankan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan siswa siswi RAJAB.
Selain pembangunan karakter melalui penguasaan bidang studi, berikut adalah kegiatan pembangunan karakter lainnya yang dilaksanakan di RAJAB pada tahun 2020:
- Pengenalan gerakan- gerakan olahraga dasar
RAJAB, bekerja sama dengan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) yang merupakan anak perusahaan MAP, mengajarkan gerakan-gerakan dasar yang dapat membantu siswa siswi RAJAB agar tetap sehat di tengah pandemi. MAPA memiliki 14 video pengenalan gerakan-gerakan olahraga yang dibuat bersama dengan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN). Gerakan-gerakan ini diajarkan kepada para mentor RAJAB, dan para mentor mengajarkan gerakan-gerakan ini kepada 143 siswa siswi RAJAB.

- Kelas Inspirasi bersama Triyaningsih
Triyaningsih is a national marathon athlete who is often dubbed the Queen of Long Distance Running. Triyaningsih is an athlete who repeatedly contributed gold medals at the South East Asean Games, and represented Indonesia in the Olympics. In these sessions, Triyaningsih shared experiences with RAJAB students, which include how to pursue their passion for running, steps to become a national athlete, challenges and benefits in a career as a national athlete. Apart from adding to the knowledge of RAJAB students, this session also explained the importance of exercising to maintain health, especially during this pandemic. 71 students and 15 RAJAB mentors attended the event.

Pembukaan Starbucks Community Store pertama di Indonesia
Community Store didirikan di Tanah Abang, Jakarta dan diresmikan pada bulan Februari 2020. Walaupun Tanah Abang merupakan salah satu pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, ribuan anak-anak dari masyarakat Tanah Abang memiliki akses yang terbatas pada pendidikan dan pekerjaan. Gerai ini bertujuan untuk membantu memberikan akses terhadap pendidikan dan pekerjaan berkualitas kepada masyarakat sekitar Tanah Abang.
Community Store menyediakan ruang khusus yang dapat digunakan untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan diri untuk anak-anak yang berasal dari masyarakat lokal. Starbucks bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Anak dan Indonesia Street Children Organization untuk menghadirkan kegiatan Pelatihan yang berkualitas di ruangan khusus. Sebagian penjualan dari gerai juga akan digunakan untuk mendukung terlaksananya kegiatan pelatihan di ruang tersebut. Selain itu, hampir seluruh barista yang bekerja di Community Store ini berasal dari wilayah setempat.
Sayangnya, tidak lama setelah gerai ini diresmikan, pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sepanjang tahun 2020, hanya dua kegiatan yang terlaksana, yaitu kelas kebersihan diri, yang menjelaskan bahwa kebersihan dan kesehatan merupakan dua hal yang saling terkait, dan kelas keterampilan menari.

KESEHATAN MASYARAKAT
Selain pendidikan, kesehatan juga merupakan kunci untuk keluar dari siklus kemiskinan. Berikut adalah inisiatifinisiatif untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kerja sama dengan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN)
Anak perusahaan kami, PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) bekerja sama dengan YOAN bertujuan untuk menyebarkan gaya hidup aktif dan sehat sejak usia dini. Selain bekerja sama dengan RAJAB, kami juga mengadakan 14 Days Sports Challenge yang dilakukan secara online. MAPA dan YOAN menyiapkan 14 video olahraga yang dapat melatih kestabilan, daya tahan, koordinasi dan kekuatan tubuh. Seluruh gerakan tersebut dapat dilakukan di mana saja. Video tersebut kami unggah di akun media sosial Instagram MAPA dan YOAN. Kemudian melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan, merekam, dan menggunggah video mereka di media sosial. 14 peserta yang paling kreatif dan konsisten dalam mengunggah video telah kami pilih sebagai pemenang.


Kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)
Department Store yang dikelola MAP bekerja sama dengan PMI mengadakan kegiatan di seluruh gerai SOGO. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19, kegiatan ini hanya bisa berjalan pada bulan Januari dan Februari. Sebanyak 3.100 kantong darah terkumpul sepanjang kegiatan donor darah ini.

Kerja sama dengan Benihbaik.com
Untuk menyediakan makanan bagi anak-anak yang membutuhkan, Sogo dan MAP Club bekerja sama dengan Benihbaik.com, sebuah situs penggalangan dana yang telah memiliki izin pengumpulan uang di Kementerian Sosial, dan memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kampanye ini kami publikasikan kepada pelanggan melalui brosur di meja kasir, maupun saat pelanggan Selesai berbelanja. Benihbaik.com membantu kami dalam penyaluran dana tersebut. Kampanye ini berjalan dari 15 Oktober 2020 – 15 Januari 2021 dan total dana yang terkumpul sebesar Rp2,27 miliar.


Kampanye “We Care!” The Foodhall
The Foodhall juga turut serta berperan untuk membantu menyediakan sembako kepada masyarakat rentan, terutama di tengah pandemi ini. Pelanggan The Foodhall dapat meyumbangkan sembako untuk disumbangkan, dan The Foodhall akan membantu menyampaikan donasi tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan. Sembako senilai Rp157 juta telah terkumpul dan disalurkan sepanjang tahun 2020.


Donasi Masker dan Paket Makanan
Pandemi ini memberikan dampak kepada banyak golongan masyarakat. Kami berusaha secara optimal untuk membantu masyarakat melalui masa yang berat ini. Lebih dari 100.000 paket makanan dan minuman didistribusikan kepada lini terdepan penanganan COVID 19 (dokter, perawat, TNI, dll). Lebih dari 18.000 masker dan alat kesehatan lainnya didistribusikan kepada karyawan kami, komunitas lokal, dan petani kopi lokal.


Total Biaya untuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Secara total, jumlah biaya yang kami salurkan untuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan pada tahun 2020 adalah Rp1,4 miliar.
INFORMASI PERUSAHAAN
Biro Administrasi Efek
PT Datindo Entrycom
Jl. Hayam Wuruk No.28,
Jakarta 10220
Telp: (62-21) 5709009
Fax: (62-21) 5708914
Kantor Akuntan
Imelda & Rekan
License No. 308/KM.1/2019
The Plaza Office Tower 32nd Floor,
Jl. M.H. Thamrin Kav 28 – 30,
Jakarta 10350, Indonesia
Tel: +62 21 50818000
Fax : +62 21 29928200
(Member of Deloitte Touche Tomatsu Limited)