PENDAPATAN Q1 2022 MAPI MENINGKAT 31%: TUMBUH DI SELURUH SEGMEN

Jakarta, 20 Mei 2022: PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, mengumumkan momentum top line yang positif untuk semua segmen bisnisnya pada Q1 2022, sejalan dengan tingginya antusiasme pelanggan untuk kembali berbelanja di mal menyusul semakin longgarnya peraturan pembatasan masyarakat terkait Covid-19, terlepas dari luasnya penyebaran kasus varian Omicron dengan sangat cepat di bulan Februari.

 

Namun, perusahaan tetap waspada akan situasi eksternal yang cukup menantang karena adanya perkiraan gangguan terhadap supply chain, serta biaya inflasi yang lebih tinggi untuk transportasi dan supply barang. Hal-hal tersebut berpotensi mempengaruhi kinerja perusahaan pada beberapa kuartal mendatang.

 

Pada kuartal pertama, pendapatan bersih MAPI naik 30,6% menjadi Rp5,6 triliun dari Rp4,3 triliun dengan GPM yang meningkat menjadi 42,9% dari 41,7% dibanding tahun sebelumnya. Laba usaha melonjak 160,3% menjadi Rp488,4 miliar dari Rp187,6 miliar. EBITDA tumbuh 41,1% dari Rp727 miliar menjadi Rp1 triliun; sedangkan laba bersih naik menjadi Rp577,2 miliar dari Rp18,5 miliar. Perolehan laba bersih di Q1’22 sudah mencakup hasil transaksi divestasi sebagian dari Burger King, yang telah direalisasikan oleh Perusahaan pada Q1’22.

 

Momentum penjualan meningkat secara signifikan terutama pada segmen Sports, gadget Digital, dan F&B, yang meliputi sebagian besar dari 84 gerai baru yang dibuka pada Q1’22. MAPI juga meluncurkan gerai Power store Foot Locker pertamanya di Senayan City, Digiplus yang merupakan gerai multi-brand baru untuk produk gadget, serta coffee experience center eksklusif di Starbucks Dewata, Bali.

 

Menanggapi kinerja tersebut, Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group mengatakan, “Penjualan dan pertumbuhan laba Q1 ini mencerminkan keyakinan kami pada model bisnis unik MAPI, yang secara efektif mengkombinasikan ritel multi-channel di seluruh gerai, kanal digital milik perusahaan, dan marketplace pihak ketiga.”

 

Ratih menambahkan, “Kinerja kami terus meningkat dengan dukungan dari MAPCLUB, yang kini memiliki lebih dari 5 juta anggota. MAPCLUB menghubungkan MAPI dengan para pelanggan, meningkatkan interaksi untuk memperkuat loyalitas dan penjualan jangka panjang di semua kanal, dan memberi pilihan untuk para pelanggan untuk berbelanja dengan nyaman kapan pun dan di mana pun.”

 

Kenaikan margin laba kotor pada Q1 didukung oleh lebih tingginya penjualan dengan harga normal, melalui penyempurnaan perencanaan merchandise dan analisis data Grup. Hal ini memungkinkan penargetan pelanggan dan kontrol manajemen inventory yang lebih baik melalui optimalisasi supply chain. Peningkatan fokus pada proses bisnis ini menghasilkan menurunnya level inventory menjadi 106 hari dibandingkan dengan 125 hari per akhir 2021. Di saat yang sama, tingkat aging inventory juga membaik dari 43% pada akhir tahun 2021 menjadi 31% pada akhir Maret 2022.

 

Kinerja digital di Q1 tumbuh 32% dan berkontribusi 10.3% terhadap penjualan secara keseluruhan. Pertumbuhan ini merupakan kelanjutan dari pertumbuhan yang sangat tinggi sebesar 168% pada tahun 2021 dari periode yang sama di tahun lalu, ketika pendapatan dari eCommerce mengalami peningkatan signifikan karena adanya kebijakan penutupan gerai akibat pandemi Covid-19. Hasil yang sangat signifikan terlihat pada Zara, Skechers, Digimap, Planet Sports, dan Mango.

 

Ratih menanggapi, “Kami sangat senang melihat pertumbuhan online yang signifikan pada Q1 2022, melanjutkan momentum penjualan yang sangat kuat pada tahun 2021 ketika kami terdampak oleh beberapa kali penutupan gerai. MAPI terus berinvestasi ke dalam bisnis direct-to-consumer dan transformasi digital secara keseluruhan, yang saat ini menjadi bagian penting dari keseluruhan kontribusi topline dan bottom-line kami.”

 

Ke depannya, Ratih menegaskan bahwa di tengah momentum bisnis yang tetap positif, terdapat peningkatan dalam ketidakpastian tantangan supply chain, inflasi, dan pemulihan yang lebih lambat dari ekspektasi sehubungan dengan adanya pembatasan terkait Covid-19 di pasar ASEAN lainnya. Hal ini membuat MAPI akan tetap berhati-hati dalam memperkirakan pertumbuhan jangka pendeknya.

 

Namun, strategi jangka panjang MAPI untuk Pertumbuhan tetap sama, antara lain;

1. Ekspansi keterlibatan langsung pelanggan melalui MAPCLUB.

2. Melanjutkan investasi di bisnis dan brand baru, serta pasar ASEAN dengan mengusung strategi “Brand Commerce” Perusahaan.

 

Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk

MMAPI memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department stores, sports, fashion, kids, food & beverage hingga lifestyle. Per Maret 2022, MAPI mengoperasikan lebih dari 2.400 gerai ritel di 79 kota di Indonesia. Konsep ritel utama yang dikelola antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu, The FoodHall; Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Cotton On, Mango, Massimo Dutti, Swarovski, Zara Home, Boots, Sephora; Active (Sports & Leisure): Sports Station, PlanetSports.Asia, Foot Locker, Converse, Golf House, Reebok, Skechers, Onitsuka Tiger, Staccato, Clarks; Kids: Kidz Station, Smiggle, Lego; Digital: Digimap, Digiplus; Food & Beverage: Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, Subway; Others: Alun Alun Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang MAPI silakan kunjungi map.co.id.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Ratih Darmawan Gianda
VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Sahid Sudirman Center 30th Floor
Jalan Jend. Sudirman Kav. 86 Jakarta 10220
Telephone: +6221 8064 8498, +6221 574 5808